Pengertian Virus, Worm, dkk . . .

Pengertian Virus, Worm, dkk . . .
a.Virus
Virus adalah file biner yang harus diaktifkan guna menyebarkan dirinya.Ia dapat diprogram untuk melakukan beberapa perintah seperti merusak/ menghapus file, menampilkan pesan yang aneh ataw nyebelin,dan bahkan merusak sistem komputer itu sebdiri.Virus tidak pernah menyebar kesistem lainsecara otomatis.

b.Worm
Cacing???bukan . . . Worm adalah program/ file biner yang dapat menyebar ke sistem lain secara otomatis. Perbedaannya dengan virus, jika virus membutuhkan bantuan manusia untuk menyebrluaskan dirinya,maka worm tidak. Contohnya jika suatu jaringan LAN terkena suatu worm, maka seluruh komputer di jaringan tersebut akan terkena worm tersebut.
c.Trojan Horse
Trojan Horse pada umumnya adalah program yang dibuat untuk menembus pengamanan komputer dan mengambil alih kendali komputer dari jarak jauh serta mencuri data penting seperti password, data kartu kredit, atau file rahasia lainnya.
d.Hoax
Sebenarnya, hoax bukanlah virus. Hoax adalah istilah yang digunakan untuk menyebut "berita bohong mengenai virus". Hoax biasanya datang dalam bentuk e-mail yang isinya memberitahu agar pengguna komputer menghapus file tertentu yang dikabarkan dicurugai sebagai virus.
Sebagai contoh ; si pengirim e-mail menyarankan untuk menghapus file sulfnbk.exe di windows karena dicurugai sebagai virus yang berbahaya. Nah, parahnya ketika orang awam mengecek kompi-nya dan menemukan file sulfnbk.exe, dengan bangganya ia menekan tombol delete untuk menghapus file tersebut. Kemudian ia pun berterimakasihdan berdoa kepada si pengirim e-mail yang telah berbaik hati memforward informasi berharga. Namun, setelah diselidiki file sulfnbk.exe ternyata adl file asli dari windows yang digunakan untuk mendeteksi Long Name File dan kalau dihapus akan mempengaruhi kinerja windows, maka rasa matur tengkyu tadi berubah menjadi umpatan, rasa dongkol, marah, dsb karena setelah menghapus file tadi, ia juga membumihanguskan seluruh isi Recycle Bin.(lho? koq malah cerita ya??? hehehe) Nantinya pasti akan ada e-mail lagi dari si Virus yang berisi virus yang menjelma mjd attach file sulfnbk.exe yang bila dijalankan bukannya tuh kompi jadi sehat malah bakal kena Virus tsb
Jadi hati hati ya . . .

0 komentar:

Posting Komentar