Tips dan trik melindungi kompi anda dari serangan Virus lokal.

Tips dan trik melindungi kompi anda dari serangan Virus lokal.
Berikut adalah tips sederhana untuk mencegah Virus lokal menginfeksi kompi anda :
1.Disable Autorun/ Autoplay pada Drive atau Removable disk.
Virus lokal biasanya membuat script berupa folder seperti autorun.inf, Dekstop.ini, dll yang berisi perintah untuk menjalankan Virus jika suatu drive dibuka oleh user. Cara mencegahnya yaitu dengan menonaktifkan fitur Autorun/ Autoplay.

Caranya ; Klik menu [START] ==> [RUN] ==> ketik gpedit.msc
Setelah muncul jendela "group policy" lalu klik Folder System pada menu User Configuration. Lalu klik 2x turn off autoplay pada menu settings dan pilih ENABLE.
2.Biasakan untuk menampilkan ekstensi file.
Biasanya Virus lokal manipu para pengguna komputer dengan menyamar sebagai ikon folder, ms.word, dll namun dengan ekstensi lain seperti .exe, .scr, dan ekstensi mencurigakan lainnya. Apabila kita menampilkan ekstensi dari suatu file, maka akan terlihat mana file asli dan mana yang virus. Jadi intinya adalah teliti dan cermat, OK!!!!
3.Jika komputer terhubung dengan jaringan/LAN/WAN, sebaiknya tidak menerapkan sharing "full access" pada folder yang di-share.
Biasanya, user cenderung untuk melakukan sharing dengan metode "full access" dan melakukan sharing pada root C;\, sebaiknya sharing folder yang dibutuhkan saja dengan metode "read only" karena ada beberapa virus lokal yang menyebar dengan cara ini sehingga dapat dengan mudah mengcopy file duplikat dirinya ke kompi lain . . .
4.Gunakan AntiVirus Lokal
Ya, lebih baik gunakan aV indo karena terbukti lebih lihai dalam menangani virus lokal dibanding aV impor, ex ; ANSAV, PCMAV, SMADAV

2 komentar:

mas doyok mengatakan...

keamrin kena virus parah banget

eLCeeR mengatakan...

Wah, mas doyok yg comment pertama di blog ini lho . . . ^^
Virus apa mas??

Bantuin share ni blog ya mas, biar ttep eksis ^^

Posting Komentar