Sekilas Tentang Cache Memori


Sekilas Tentang Cache Memori
Dalam dunia komputer tentu kita sering mendengar kata cache memori.Cache memori memiliki fungsi untuk mempercepat kerja memori utama sehingga mendekati kecepatan prosesor. Dalam organisasai komputer, memori utama memiliki kapasitas yang lebih besar namun lebih lambat operasinya. Sedangkan cache memori memiliki ukuran yang lebih kecil nemun lebih cepat. Cache memori berisi salinan memori utama.
Pada saat CPU membaca sebuah word memori, maka dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah word tersebut berada di dalam cache memori. Bila ada akan dilakukan pengiriman ke CPU, namun bila tidak ada maka akan dicari dalam memori utama. Selanjutnya blok berisi sejumlah word tersebut dikirim ke cache memori, dan word yang diminta CPU akan dikirim ke CPU melalui cache memori. Karena fenomena lokalitas referensi, ketika blok data dikirimkan ke cache memori, terdapat kemungkinan bahwa word word berikutnya akan diakses oleh CPU. Konsep ini yang menjadikan kinerja memori utama menjadi lebih cepat.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa kerja cache adalah antisipasi terhadap permintaan data memori yang akan digunakan CPU. Apabila data diambil langsung dari memori utama akan memakan waktu lama yang menyebabkan status tunggu pada prosesor.

0 komentar:

Posting Komentar