Oven Matahari yang Ramah Lingkungan

Oven Matahari yang Ramah Lingkungan
Ide awal terciptanya oven matahari adalah karena semakin tingginya penebangan kayu yang digunakan untuk kayu bakar dalam kehidupan sehari hari yang turut berimbas pada global warming. Dilihat dari namanya, oven ini menggunakan energi matahari dengan prinsip kerjanya adalah teori efek rumah kaca yang diperangkap dan disinari terus menerus untuk meningkatkan suhu di ruang oven. Oven ini terbuat dari bahan kayu lapis, cermin, kaca, dan lembar aluminium. Oven matahari hanya dapat digunakan antara pukul 09.00-16.00 dengan suhu maksimum dapat mencapai lebih dari 202 derajat celcius.
Cara menggunakannya cukup mudah, hanya dengan meletakkan oven di bawah sinar matahari dan atur hadapan cermin agar bayangan cermin berimpit dengan penutup kaca ruang oven, lalu tinggal taruh bahan makanan yang akan dimasak di dalam oven dan tunggu hingga matang.
Pencipta oven matahari adalah Prof.Dr.Herliyani Suharta. Setelah menunggu selama 10 tahun, ( lama amat yak? ) akhirnya beliau mendapat hak paten oven yang diberi nama HS 5521. Kini oven matahari dapat menjadi penting peranannya, manakala kayu bakar makin sulit didapat.

0 komentar:

Posting Komentar